Jumat, 24 Februari 2012

Menggunakan "Find and Replace" untuk Mengedit File MS Word

Seringkali file administrasi pembelajaran yang kita buat masih bisa kita pakai untuk semester atau tahun pelajaran berikutnya. Kalau membuat dari nol lagi tentu akan sangat menyita waktu. Mungkin juga, kita mendapat file administrasi pembelajaran dari orang lain atau dari internet. Untuk menggunakan file itu tentu kita harus mengeditnya, agar identitas sekolah, guru, tahun pelajaran dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan/kondisi.
Berikut ini salah satu tips agar mengedit file Microsoft Office (MS) Word dapat dilakukan dengan efisien, terutama bila berkas yang kita edit terdiri dari puluhan bahkan ratusan halaman (seperti pada RPP, Silabus, Program Semester, dan sebagainya). Biasanya saya melakukan langkah-langkah ini untuk mengedit nama sekolah, nama kepala sekolah, nama guru, NIP kepala sekolah, NIP guru, tahun pelajaran dan sebagainya. Pada administrasi pembelajaran biasanya identitas-identitas di atas muncul berulang-ulang pada setiap "satuan" administrasi. Kalau kita edit satu per satu maka akan sangat menyita waktu.
Tips ini menggunakan fasilitas yang ada pada MS Word, yaitu "Find and Replace" atau Replace. Pada Word 2007 Tombol Replace terdapat pada bagian paling kanan Tab Home atau dapat menggunakan shortcut "Ctrl + H".
Tips selengkapnya baca di halaman TIPS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar