Sabtu, 22 September 2012

QIR'AT - QURAN RECITER V 1.05

Assalamu'alakum Wr. Wb.
Software ini adalah sebuah perangkat yang cukup memadai untuk memudahkan kita membaca atau belajar Al-Qur'an dan juga sebagai media pembelajaran bagi anak-anak kita. Terdapat fasilitas tampilan ayat-ayat beserta pilihan terjemahan dalam beberapa bahasa, serta fasilitas untuk memperdengarkan qira'ah dari beberapa pilihan Qari', antara lain Sudais dan Shuraim, Abdul Basit, dan lain-lain (namun ketika baru pertama diinstal hanya ada satu file audio, yaitu Surah Al-Fatihah dari Qari "Sudais and Saood Shuraim", sehingga untuk melengkapi audio surah-surah yang lain kita harus menambahkannya).
Mari kita mulai berkenalan (bagi yang belum kenal) dengan software ini.
Setelah diinstal klik Start>All Programs>Guided Ways>QuranReciter>Qir'at Quran Reciter. Bila tidak langsung terbuka berarti klik Quick Launch di kanan bawah.











Berdasarkan pengalaman saya, ketika baru pertama diinstal software ini secara default tampil dengan bahasa Arab, untuk merubah bahasa tampilan klik "Al-Lughah" seperti berikut, dan hanya ada 3 pilihan bahasa tampilan yaitu; Arabic, English dan French.











Berikut ini tampilan muka software dan panel/tombol fitur-fiturnya :
  1. Pilihan Qari'
  2. Pilihan Surah
  3. Pilihan (bahasa) terjemahan
  4. Dalam lingkaran adalah tombol-tombol untuk mengatur audio











Ketika baru diinstal file audio hanya ada satu yaitu Surah Al-Fatihah dari Qari Sudais and Saood Shuraim, sehingga di belakang pilihan surah-surah ada keterangan "No Audio"











Untuk menambahkan audio surah yang kita inginkan, pertama-tama kita harus memiliki file audio dari surah-surah tersebut. Kita bisa mendownload atau mengcopy dari sumber-sumber yang lain. Kemudian file-file itu kita beri nama dengan nomor surahnya (sebanyak 3 digit), misal Al-Fatihah, harus kita "rename" menjadi "001", dan seterusnya.
Lalu kita buka Folder C:\Program Files\GuidedWays\QuranReciter\recitation











Selanjutnya kita copy-kan file audio ke folder Qari yang sesuai, berikut ini contohnya ke folder sudais untuk file-file surah dari Qari "Sudais and Saood Shuraim".











Tutup dulu software dan restart lagi, maka keterangan No Audio telah hilang di surah yang kita "isi" file audionya , dan klik tombol play.

Untuk menambahkan file audio juz 30 silakan masuk halaman DOWNLOAD dan unduh.
Untuk download full 30 juz silakan kunjungi/klik link ini.

Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alakum Wr. Wb.

7 komentar:

  1. makasih pak dah ikut ngunduh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama....
      terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  2. terima kasih mas susilo ijin ngunduh semoga menjadi amal kebaikan bagi anda

    BalasHapus
  3. Matur suwun pak sy dah ikut ngunduh. jazakumullah ahsanal jaza'

    BalasHapus
  4. Izin Download Pak Agung Susilo, matur suwun..

    BalasHapus